Rabu, 08 Oktober 2014

Manusia dan Cinta Kasih

Manusia dan Cinta Kasih


Cinta adalah perasaan rasa suka terhadap makhluk hidup (manusia). Sedangkan kasih adalah perasaan sayang atau cinta kepada makhluk hidup (manusia). Cinta kasih adalah perasaan ingin memberikan kasih sayang, kenyamanan, perlindungan kepada setiap makhluk hidup khususnya manusia dengan tulus dan ikhlas. Cinta itu memberi bukan menerima, artinya memberi dalam hal-hal yang sifatnya manusiawi bukan materi. Dalam menjalani kehidupan di dunia ini, manusia pasti memiliki perasaan cinta kasih kepada berbagai aspek kehidupan. Contoh, kasih sayang dalam lingkungan keluarga, kasih sayang dalam lingkungan keagamaan, kasih sayang dalam bentuk peri kemanusiaan, dan kasih sayang kepada sesama makhluk (universal).
1.  Kasih sayang dalam lingkungan keluarga, kasih sayang orang tua terhadap anaknya, kasih sayang kakak terhadap adiknya, dan kasih sayang suami terhadap istrinya.
2.    Kasih sayang dalam lingkungan keagamaan, menghormati dan mencintai sesama manusia tanpa memandang agama-nya.
3.    Kasih sayang dalam bentuk peri kemanusiaan, mencintai sesama manusia atas dasar sama-sama berasal dari satu keturunan.
4.    Kasih sayang kepada sesama makhluk hidup (universal), saling mengasihi sesama manusia, dan mengasihi hewan-hewan dan tumbuhan.

Cinta juga sumber kekuatan dari segalanya, kita tidak akan dapat mewujudkan setiap impian kita tanpa cinta. karena cintalah yang dapat memberikan dorongan atau motivasi terhadap diri seseorang. Cinta kasih tidak selalu ditunjukan kepada pasangan kita saja, tetapi pada dasarnya cinta kasih adalah anugerah terbesar yang diberikan oleh Tuhan YME untuk setiap makhluk-makhluknya.

Hubungan antara manusia dan cinta kasih sangat diperlukan karena agar suasana lingkungan sekitar terasa nyaman dan menimbulkan kehidupan rukun dan damai tanpa ada perseteruan ras. Manusia tanpa cinta kasih bagaikan manusia tanpa perasaan.

Source: http://anggipay.blogspot.com/2011/04/pengertian-cinta-kasih-html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar