Rabu, 08 Oktober 2014

Manusia dan Kebudayaan

Manusia dan Kebudayaan



Manusia atau Orang adalah makhluk yang paling sempurna dibandingkan dengan makhluk hidup lainnya, makhluk yang memiliki pemikiran atau akal yang dapat dikembangkan menjadi sebuah pemikiran, tindakan serta prilaku dalam kehidupan sehari-hari. Dengan pemikiran atau ide-ide tersebutlah manusia bisa menciptakan sebuah tindakan dan interaksi dengan manusia, hewan atau makhluk hidup yang lainnya, serta timbul lah suatu hubungan yang menjadikan manusia saling tertarik antar manusia dan makhluk lainnya, yaitu Makhluk Sosial. Dalam kehidupan sehari-hari pun manusia kecendrungan memiliki pemikiran yang berubah-ubah sesuai dengan apa yang dikehendakinya, serta memiliki pemikiran yang berbeda-beda dengan manusia lainnya hingga menjadikan manusia satu dan manusia lainnya memiliki corak berbeda dalam pola kehidupan.

Manusia dan Kebudayaan tidak dapat dipisahkan karena kebudayaan terlahir dari kebiasaan manusia. Kebudayaan akan terus berkembang manakala manusia bisa melestarikannya untuk generasi masa depan manusia. Dan manusia juga bisa membuat kebudayaan sesuai dengan jamannya.

Manusia dan Kebudayaan memiliki keterkaitan yang begitu besar, manusia adalah subjek yang berperan penting dalam menciptakan kebudayaan, itu artinya manusia merupakan unsur yang menjadikan kebudayaan itu ada, karena manusia merupakan makhluk yang memiliki akal yang dapat terus dipakai dengan berbagai macam ide. Manusia berbudaya adalah manusia yang mampu menciptakan seni dalam kesehariannya dari akal yang dimilikinya.

 Source : Buku panduan belajar kelas XI

Tidak ada komentar:

Posting Komentar