Kamis, 06 November 2014

MANUSIA DAN PENDERITAAN

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Manusia adalah makhluk yang diciptakan Tuhan yang paling sempurna. Penderitaan dan manusia adalah realistis yang tidak mudah dipisahkan antar penderitaan itu sendiri. Penderitaan adalah ketidakharmonisan antara sesama makhluk hidup, alam, dan tuhan. Penderitaan sesama manusia menimbulkan rasa iri, dengki, dan dendam.

Rasa ketidakharmonisan dapat menimbulkan perselisihan terhadap sesama manusia. Karena Tuhan menciptakan penderitaan agar manusia dapat mengingat Tuhan dan memohon agar penderitaan yang ditimbulkannya dapat selesai dan menjalani hidup bahagia antar sesama manusia di masa depan.

Penderitaan terhadap alam, alam adalah suatu kebesaran tuhan yang diciptakan dibumi dan manusia wajib melestarikannya. Ketika alam rusak menimbulkan bencana alam, bencana alam juga menimpa tekanan batin dan pikiran manusia. Karena, manusia saat tertimpa bencana akan kehilangan harta benda serta keluarga yang meninggalkan. Maka dari itu, manusia harus bisa menjaga dan melestarikan alam dan lingkungan sekitar.


Penderitaan juga dapat diberikan oleh Tuhan. Karena, Tuhan menimbulkan penderitaan agar manusia lebih bersabar dan lebih ikhlas dalam menjalani masalah yang diberikan kepada manusia, agar manusia dekat kepada Tuhannya. Jadi, manusia dan penderitaan tidak dapat dipisahkan, karena penderitaan itu sendiri juga diakibatkan oleh manusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar